9 Agu

Kelemahan Nikah Siri Membuat Wanita Berfikir Berulang Kali

Dewasa ini, kegiatan nikah siri merupakan suatu hal yang umum dan sering kali terjadi di kalangan masyarakat. Bisa dikatakan bahwa jenis pernikahan ini sah menurut agama, namun di lain sisi pernikahan tersebut tidaklah tercatat di kantor urusan agama. Meskipun demikian, prosesi nikah siri ini terbilang juga sama dengan nikah pada umumnya serta melibatkan kedua saksi, prosesi ijab kabul dan penyematan cincin couple di masing-masing jari pengantin.


Perlu diketahui bahwa nikah siri yang dilakoni ini justru memberikan suatu kerugian bagi pihak wanita seperti berikut ini.

1. Perceraian yang dilakukan dengan mudah
Banyak kasus perceraian yang terjadi di kalangan pasangan yang melakukan pernikahan siri meskipun sebelumnya ada ikatan cincin tunangan. Peningkatan angka perceraian yang demikian ini dikarenakan oleh tidak adanya ikatan negara atas pernikahan yang dilakukan, sehingga hal ini secara tidak langsung juga akan merugikan wanita. Perpisahan yang dilakukan oleh pasangan tersebut sering terjadi ketika luapan emosi ternyata tidak bisa terkontrol.

2. Permasalahan akte kelahiran
Ternyata, tindakan nikah siri yang dibarengi dengan penyematan cincin akan menimbulkan masalah kaitannya dengan pembuatan akte kelahiran. Hal ini dikarenakan oleh adanya salah satu persyaratan pembuatan akte yang harus dilampiri surat keterangan nikah orang tua resmi dari instansi terkait. Oleh sebab itu, banyak dari anak nikah siri yang ternyata tidak memiliki akte karena permasalahan tersebut.

3. Anak sebagai korban perceraian
Maraknya kasus perceraian karena pernikahan siri dengan pengikat berupa cincin tunangan akan sangat merugikan pihak anak. Dikatakan demikian karena anak akan kehilangan haknya dalam sebuah keluarga mengingat pernikahan siri tidak tercatat dalam instansi tertentu, sehingga pertanggungjawaban atas anak sangatlah sulit.

Banyak hal yang menjadi permasalahan ketika seorang pria dan wanita memutuskan untuk menjalani pernikahan siri. Meskipun pernikahan ini dilakukan dengan melakukan penyematan cincin couple, hal ini justru akan menimbulkan kerugian dari pihak perempuan dan juga anak. Untuk itu, akan jauh lebih baik bagi wanita memikirkan hal tersebut sebelum menjalani pernikahan siri dengan pemberian cincin dari pihak pria. Itulah beberapa tentang pernikahan siri. Lebih baik jujur kepada pasangan daripada menikah secara diam-diam. Jangan sampai anak menjadi korban keegoisan sebuah keluarga. Semoga informasi diatas sangat bermanfaat bagi Anda.