29 Jul

Kenali Infeksi Jamur Pada Kulit

Penyakit kulit banyak terjadi karena disebabkan oleh berbagai faktor seperti halnya jamur, bakteri hingga virus, namun jenis-jenis jamur kulit yang berbahaya juga kerap kali dianggap sebelah mata. Penyakit gangguan kulit menjadi salah satu penyakit yang memang sangat mengganggu. Bukan hanya mengganggu kesehatan tubuh, tetapi juga mengganggu penampilan. Tak jarang, anggapan miring mengenai seseorang yang terkena penyakit kulit seringkali dianggap tidak bisa menjaga kebersihan atau jorok.
Kenali Infeksi Jamur Pada Kulit
Meskipun hal itu memang benar, namun nyatanya banyak penyakit kulit yang juga dipicu karena memiliki alergi bawaan atau bisa disebut keturunan. Salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur merupakan jenis gangguan pada kulit yang sering terjadi di lingkungan sekitar dan bukan hanya terjadi pada manusia saja, tetapi juga pada makhluk hidup lainnya.

Mengetahui gejala penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur

Gejala yang terjadi saat seseorang mengalami infeksi kulit akibat jamur biasanya akan tergantung letak dan juga jenis serta tingkat keparahannya. Infeksi oleh jamur dalam tingkat yang ringan biasanya akan menimbulkan ruam dan juga gejala sesak napas atau masalah pernapasan yang masih tergolong ringan. Namun jika infeksi berada di tingkat yang berat, bukan tidak mungkin akan adanya komplikasi yang bisa menyebabkan kematian karena kondisi infeksi yang serius.

Berikut beberapa daftar penyakit gangguan pada kulit yang disebabkan oleh jamur, di antaranya yaitu;

Infeksi jamur kandidiasis; merupakan jamur yang sangat umum ditemukan menginfeksi dan menjangkiti secara umumnya. Gejala yang ditimbulkan oleh jamur ini seringkali bervariasi, karena tergantung dengan daerah di mana dia menginfeksi. Secara umum, infeksi akibat dari jamur ini lebih ringan dan juga mudah dihilangkan dengan terapi obat kulit gatal yang juga mudah untuk didapatkan. Akan tetapi jika secara umum terus dilakukan pengobatan tersebut, tak jarang akan mengakibatkan resistensi sehingga nanti akan lebih sulit untuk sembuh. Meskipun peranan kebersihan memang selalu menjadi hal utama dari penyebaran infeksi jamur ini, namun adanya kekebalan tubuh yang menurun, terlalu berlebihan dalam menggunakan antibiotik hingga stres juga bisa menjadi faktor dari terjadinya infeksi jamur ini.

Meningitis jamur; yang disebabkan oleh kriptokokus. Jenis infeksi jamur ini berbahaya karena mengarah pada selaput tipis yang menutupi otak serta bagian sumsum tulang belakang sehingga menyebabkan peradangan. Keadaan ini tentunya bisa mengancam jiwa dan bagi para penderita hiv akan lebih mudah untuk terserang jamur ini. Proses penyebaran dari infeksi ini biasanya melalui udara yang dimana akan lebih cepat berkembang pada tubuh dengan sistem kekebalan yang lemah. Adapun gejalanya yang umum terjadi yaitu sakit kepala, mengantuk hingga kebingungan.

Infeksi jamur aspergillus; yang tersebar di udara dan bisa memberikan infeksi secara serius karena menyerang pada bagian paru-paru dan juga darah yang masih pada orang engan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Jamur ini juga sangat potensial untuk memicu terjadinya gangguan pernapasan atau asma. Gejalanya biasanya demam, mengi dan juga yang paling umum yaitu batuk.

Infeksi jamur tinea pedis; yang menyebabkan rasa gatal, kulit kemerahan hingga mengelupas atau melepuh seperti halnya kondisi terbakar dan juga luka. Umumnya jenis jamur ini mengarah pada bagian kaki, tepatnya di sela-sela jari-jari kaki. Jamur ini hidup dengan jaringan mati yang terdapat pada kuku, kulit dan juga rambut.

Meskipun memang pada awalnya menunjukkan gejala yang ringan, namun jika dibiarkan tanpa diobati, resiko mengancam nyawa bukan tidak mungkin. Obat kulit gatal pi kang wang bisa Anda pakai jika terjangkit jamur ini. Terpenting dari semuanya, mencegah terjadinya infeksi jamur tentunya menjaga lingkungan sekitar agar selalu bersih, termasuk juga menjaga pola atau gaya hidup agar sistem kekebalan tubuh selalu kuat dan terjaga. Agar jenis-jenis jamur kulit yang berbahaya tidak mudah mudah menyerang.  Referensi kesehatan lainnya kunjungi www.mkmgr.com