7 Jul

5 Media Sosial Terbaik untuk Jualan Online

Mungkin saat ini muncul pertanyaan di benak Anda, media sosial apa yang terbaik untuk jualan online? Di artikel ini ditulis berdasarkan sebuah riset yang dilakukan oleh hootsuite, sebuah perusahaan yang fokus dalam pengelolaan media sosial untuk bisnis.

Selain untuk berkomunikasi secara online, media sosial juga sangat bermanfaat untuk pengembangan usaha, misalnya untuk jualan online. Ada banyak sekali usaha offline berhasil mengembangkan usaha mereka setelah mengoptimasi bisnisnya menggunakan media sosial. Selain itu, munculnya berbagai peluang bisnis online di Indonesia telah memberi angin segar sehingga meningkatkan penggunaan media sosial untuk berbisnis.

Namun, ternyata tidak semua media sosial bisa digunakan untuk meningkatkan bisnis. Lalu media sosial apa saja yang bisa digunakan untuk mengembangkan usaha jualan online tersebut? Berikut ini ulasan singkatnya.

1. Facebook

Facebook adalah salah satu media sosial terbaik untuk jualan online. Fakta ini terbukti dari banyaknya fan page jualan online yang kita temukan di Facebook. Menurut riset hootsuite, ada sekitar 75% pembeli online adalah fans sebuah fanpage dan hanya 25% saja orang yang belanja dari akun facebook biasa.

Artinya, untuk bisa berhasil di bisnis online menggunakan Facebook maka kita harus memiliki fans page. Buatlah fanpage Facebook khusus untuk jualan di media sosial.

2. Instagram

Pengguna Instagram di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Saat ini para pemilik bisnis semakin mudah menjual produk mereka melalui Instagram.

Sebuah riset mengatakan bahwa Instagram bisa menjadi media sosial yang interaktif antara pemilik bisnis dengan followersnya. Dengan kata lain, para pembeli bisa mengikuti dan merespon postingan sebuah bisnis dengan lebih mudah, bahkan menurut riset tersebut respon followers lebih banyak hingga 120 kali lipat dari Twitter dan 58 kali lebih banyak ketimbang di Facebook.

3. Twitter

Ada sekitar 54% pengguna Twitter mengambil tindakan setelah melihat sebuah merek yang di-mention dalam sebuah Tweet.

Informasi tersebut didapat dari hasil survei. Tindakan tersebut bukan berarti langsung ada pembelian, melainkan 23% dari mereka akan mengecek website atau halaman penjualan Anda, 20% mencari informasi bisnis Anda secara online, sedangkan 19% lainnya akan mempertimbangkan membeli.

Dengan data tersebut kita tahu bahwa 53% para pengguna Twitter lebih banyak merekomendasikan produk, sehingga mereka akan membahwa topik tersebut secara intens. Fenomena ini bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis dengan melakukan pendekatan soft selling, misalnya memperlihatkan testimoni jualan.

4. Pinterest

Ada sekitar 96% pengguna Pinterest menggunakan media sosial ini untuk riset, sedangkan 93% pengguna Pinterest menggunakannya untuk membuat rencana pembelian produk. Bagi bisnis retail, Pinterest ini seperti surga karena menjadi tempat yang sangat ideal untuk informasi produk yang ingin dibeli.

Ada sekitar 87% pengguna Pinterest mengaku bahwa Pinterest membantu mereka menemukan produk yang mereka impikan. Media sosial ini memang bukan tempat yang interaktif antara pembeli dan penjual, namun sangat efektif bagi para calon pembeli yang suka berpetualang.

Pinterest juga dapat digunakan sebagai tempat untuk menampilkan produk atau showcase.

5. Google+

Para pengguna Google+ datang dari berbagai kalangan dan penggunanya meningkat sebesar 56% di tahun 2016 lalu. Peningkatan pengguna Google+ ini lebih tinggi dari YouTube.

Banyak pemasaran B2B yang kita temukan di Google+. Menurut sebuah riset, ada 61% pengguna Google+ memakai media sosial tersebut untuk berbisnis. Fakta tersebut dikuatkan dengan adanya statistik bahwa pengguna Google+ terus meningkat setiap tahunnya.

Media sosial yang satu ini biasanya digunakan oleh pengguna yang ingin meluangkan waktunya di halaman situs dan langsung berinteraksi dengan brand yang mereka cari. Artinya, Google+ cukup punya daya tarik bagi para pebisnis untuk meningkatkan performa bisnis mereka.

Penutup, selain bermanfaat bagi para pemilik usaha, penggunaan media sosial ini juga sangat berguna sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari internet bagi mereka yang belum memiliki usaha sendiri. Salah satu cara yang sering dilakukan adalah menjadi buzzer di media sosial.