15 Jun

6 Hal yang Bakal Membuat Finansial Sukses Pasca Menikah

Anda pasti sering menemukan kasus umum rumah tangga yang berkutat masalah finansial. Pertengkaran suami istri hingga melepas cincin kawin hanya karena masalah finansial yang mendera setelah menikah alias bercerai. Hutang yang bertumpuk hingga membuat pasangan suami istri cekcok kadang menyebabkan kriminalitas seperti penganiayaan bahkan berdampak pada angka bunuh diri yang meningkat tinggi. Ada juga gara-gara bertengkar sampai membuang cincin pernikahan mereka seolah cincin tersebut tidak ada artinya lagi.


Masalah finansial pasti sering banget diributkan karena berhubungan dengan masa depan. Jika kamu sebagai suami tidak memnuhi kebutuhan istri, ada kemungkinan besar akan diceraikan oleh istrimu karena sudah bosan hidup susah. Kebanyakan orang rela tidak menikah terlebih dahulu karena belum sanggup untuk menafkahi jika sudah berkeluarga. Apalagi baru menjalani rumah tangga pastinya sangat sulit mengatur keuangan. Ada yang menginginkan istrinya memagang semua keuangan ada pula yang takut karena biasanya seorang cewek hobinya belanja.

Sebenarnya bagaimana mengatasi masalah finansial yang sering mendera pasangan pasca menikah? Jangan sampai anda menjual cincin kawin hanya karena kesalahan mengatur keuangan pasca pernikahan. Berikut ini 6 hal soal keuangan pasca menikah yang perlu anda perhatikan agar pernikahan langgeng.

1. Terbuka soal keuangan

Kalau anda dan istri terbuka sejak awal, jelas bahwa hal ini akan berdampak baik pada kehidupan rumah tangga anda termasuk soal jumlah harta hingga hutang yang anda miliki. Jika sudah berkeluarga seharusnya tidak ada yang ditutupi. Jika suami mempunyai gaji, seorang istri harus tahu berapa jumlah gaji suaminya begitu pula dengan istrinya. Dalam sebuah keluarga yang awet tidak boleh ada yang dirahasiakan karena akan muncul kecurigaan.

2. Komunikasi positif

Jika istri berhutang tanpa bilang dulu, maka jangan kesal atau marah berlebihan. Pasti ada alasan yang mendasari hal itu sehingga anda perlu mengkomunikasikan semua masalah dengan istri. Jangan asal berucap yang kasar sehingga menyinggung perasaan istri. Sabar adalah kunci untuk menyelesaikan sebuah masalah.

3. Keputusan bersama

Sebelum anda memutuskan sesuatu, maka pandanglah cincin kawin yang melekat di jari anda. Ingatlah bahwa istri juga memiliki porsi yang sama dalam menentukan segala keputusan untuk kepentingan bersama. Hal ini untuk mencegah dominasi salah satu pihak hingga pihak lain merasa kecewa.

4. Asuransi keluarga

Cincin nikah atau cincin tunangan yang anda simpan memang memiliki peran penting dalam kehidupan rumah tangga. Bisa juga menjadi sebuah kenangan abadi. Sangat disayangkan jika cincin tersebut harus anda jual hanya demi menutupi kebutuhan keluarga yang sebenarnya bisa anda antisipasi sebelumnya dengan cara mendaftarkan seluruh anggota keluarga dengan asuransi.

5. Bayar pajak

Sebaiknya anda rutin membayar pajak penghasilan agar tidak terkena denda di kemudian hari. Jika anda memiliki koleksi barang mewah yang masuk dalam daftar pajak barang-barang mewah, maka sebaiknya anda juga segera melunasinya termasuk jika anda memiliki cincin emas berlapis berlian yang mahal.

6. Harmonis

Kunci jitu agar semua masalah keuangan teratasi adalah banyak melakukan diskusi dengan mengobrol ringan. Anda bisa menentukan pos-pos penting bahkan membicarakan rencana jangka panjang dengan pasangan anda saat sore hari sembari menikmati secangkir teh. Tentu saja hal ini juga bisa membuat hubungan anda terus harmonis.

6 hal menyikapi keuangan pasca menikah tersebut bisa membantu anda menciptakan keharmonisan rumah tangga hingga pernikahan anda pun langgeng sampai nanti. Itulah beberapa yang harus Anda lakukan ketika sudah memutuskan untuk berumah tangga. Semoga informasi ini bisa berguna untuk Anda dan pasangan.