8 Mei

Kelebihan Cincin Emas Putih Berlapis Rodium

cincin emas putih

Warna cincin kawin emas putih yang biasanya berwarna putih keperakan, biasanya kurang nampak berkilau karena bahan utama pembuatannya bukan 100% dari emas asli. Sehingga seringkali saat dikenakan dan tersentuh benda lain dalam pemakaian sehari – hari, seringkali cincin emas putih mengalami perubahan menjadi nampak lebih kusam.

Untuk mengatasi masalah yang biasa terjadi pada cincin emas putih tersebut, maka pengrajin biasanya menambahkan bahan Rodium atau Ro sebagai bahan pelapis dari cincin emas putih ini. Apa itu Rodium? Rodium adalah bahan berbentuk logam berwarna putih berkilau yang sekilas sangat menyerupai platinum. Rh atau Rodium ini dipilih menjadi bahan pelapis cincin emas putih sebab sifat dasar dari Rodium ini sendiri sangat tepat untuk diperlakukan sebagai pelapis permukaan cincin emas putih.

Rodium yang berbentuk larutan bisa menjadi pelapis yang efektif dan melekat sempurna pada bahan cincin kawin emas putih yang dibuat dengan metode elektroforesis. Karena warna dasar dari Rodium ini adalah putih dengan aksen kemilau khas yang dimilikinya, maka membuat Rodium terlihat menyatu dan bahkan tak nampak melapisi bagian cincin emas putih yang juga sama – sama berwarna putih keperakan. Dan bahkan saat diaplikasikan sebagai pelapis cincin emas putih, lapisan Rodium ini akan membuat bagian luar cincin emas putih nampak terlihat lebih bersinar dan berkilau layaknya perhiasan berbahan dasar platinum yang harganya selangit itu.

Karena mampu menambah nilai estetika dan nilai jual dari cincin emas putih maka Rodium pun menjadi bahan pelapis paling lazim yang dipakai untuk melapisi cincin emas putih. Meski demikian, Rodium tetap memiliki masanya sendiri. Dimana dalam beberapa tahun, lapisan Rodium ini semakin lama akan semakin menipis dan bahkan terkelupas jika kita tak berhati – hati saat menggunakan cincin emas putih berlapis Rodium tersebut. Saat lapisan Rodium terkelupas dari cincin emas putih, maka akan membuat cincin emas putih tersebut kembali nampak kusam jika terlalu banyak tergores saat bersentuhan dengan berbagai benda.