10 Mei

Cara Menanam Kelapa Sawit yang Benar

Kualitas sebuah tanaman sangat bergantung pada bagaimana kita menanamnya. Begitu juga dengan kelapa sawit, walaupun tanaman ini memiliki berbagai jenis manfaat, tanaman ini juga membutuhkan cara menanam kelapa sawit yang benar. Jika Anda sudah mengetahui mengenai bagaimana cara untuk melakukan pembibitan dari kelapa sawit, maka selanjutnya adalah bibit tersebut ditanam ke kebun.

Cara penanaman kelapa sawit

Sawit

Bibit kelapa sawit yang siap untuk ditanam adalah yang memiliki umur 8 bulan sejak pembibitan. Pola tanamnya dapat berupa monokular atau juga tumpang sari. Tumpang sari sendiri biasanya digunakan untuk menanamtanaman yang periodenya singkat. Beberapa hal harus diperhatikan ketika Anda hendak menanam kelapa sawit. Beberapa hal tersebut misalnya jarak tanam dari setiap pohonnya. Sebaiknya Anda membentuk segi tiga sama sisi sehingga memungkinkan adanya gang untuk berbagai jenis arah.

Cara menanam kelapa sawit adalah dengan jarak tanam sebaiknya kurang lebih sembilan meter untuk setiap tanamannya. Hal tersebut dilakukan untuk dapat memberikan ruang untuk tumbuh bagi kelapa sawit serta dapat berikan ruang untuk akar agar setiap akar pohonnya tidak berebutan nutrisi yang ada pada tanah. Anda dapat membuat segitiga sama sisi dengan menggunakan sebuah tali tambang maupun tali rafia. Sebaiknya dimulai dengan menarik tali lurus yang berasal dari tepian kebun kemudian ke tepian lainnya, kemudian diteruskan sampai dengan seluruh lahan. Selanjutnya Anda dapat memasang tali dengan cara tegak lurus dari tali yang sebelumnya.

Setelah itu sebaiknya Anda memasang patok pada setiap sembilan meter untuk tali yang tegak lurus atau untuk tali utara selatan. Selanjutnya memasang patok pada tali yang utara selatan tetapi dengan jarak sebesar 4,5 meter yang berasal dari tepian kebun, sehingga bentuknya akan terlihat zigzag. Selanjutnya dengan membuat lubang tanam. Lubang yang dibuat yaitu dengan ukuran 50cm kali 50 cm dengan dalam sampai dengan 40 cm. Untuk setiap lubangnya, sebaiknya diberikan pupuk kompos. Sebaiknya cara menanam kelapa sawit diatas dapat dilakukan pada musim hujan, karena agar airnya dapat mencukupi bibit untuk tumbuh