12 Mei

Batik Dari Kota Dingin

Tingalan dari nenek moyang kita yang masih menunjukan pengaruhnya yang begitu kuat dari jaman dahulu hingga sekarang ialah batik. Bagi masyarakat, batik sudah seperti pakaian yang wajib untuk dimiliki, dari kaum muda hingga dewasa semua pasti memiliki salah satu batik spesial yg mereka sukai. Bicara tentang batik spesial tiap tempat dan daerah pasti akan mempunyai batiknya sendiri yang kebanyakan mencerminkan ciri khas atau filosofi dari tiap-tiap daerah. Seperti misal sebut saja Batik Malangan, begitulah masyarakat menyebut batik yang berasal dari Kota Dingin itu. Batik Malangan menyimpan filosofi dari Kota Malang sejak jaman Kerajaan Kanjuruhan hingga sekarang ini yang secara turun temurun diwariskan oleh para nenek moyang kita. Pada hakikatnya ada beberapa batik yang berasal dari Kota Malang yang menjadi ikon dan sering kali dijadikan buah tangan untuk para wisatawan yang berkunjung ke Malang. Yaitu:

  1. Batik Malang Motif Teratai Singo.
  2. Batik Malang Motif Tugu Malang.
  3. Batik Malang Bunga Teratai.
  4. Batik Malang Moif Kucecwara.

Batik-batik diatas pada hakikatnya memang sudah ada sejak lama, tetapi diantara mereka ada satu batik yag memiliki penggemar lebih banyak dibanding dengan yg lainnya. Batik tersebut ialah batik Malang motif Kucecwara yang lebih dikenal masyarakat. Dahulu batik dengan motif Kucecwara ini dikerjakan dengan metode printing tetapi sekarang ini justru dengan tangan, karena kerumitan dari motif tersebut akan membuahkan hasil karya yang bernilai seni tinggi. Batik malang juga sudah mendapatkan hak paten dari pemerintah jadi tidak boleh sembarangan dalam memperbanyak.Itulah sekilas ulasan tentang Batik Malangan, dan sekarang ini di tangan penjahit malang batik-batik tersebut dimodifikasi sedemikian rupa agar menjadi busana istimewa nan elok. Dengan inovasi dan kreatifitasnya batik malangan dijadikan berbagai macam busana baik busana pria maupun wanita yang dapat dikenakan diberbagai kalangan dan acara. Seperti misal kebaya batik malangan, gaun wisuda, gaun pernikahan, kemeja dan masih banyak lagi. Dan juga dapat dijadikan berbagai macam model seperti long dress maupun mini dress, muslim dress, dan lainnya sesuai dengan keinginan para konsumen. Anda juga tidak perlu khawatir, pada penjahit malang busana yang dihasilkan akan istimewa nan indah dan akan membuat anda semakin menawan dan menjadi pusat perhatian.

Mungkin hanya itu sedikit ulasan dari penulis tentang batik, semoga dapat membangkitan minat dari para masyarakat untuk memakai batik dan menambah wawasan para masyarakat tentang batik malangan agar semakin menambah kecintaan kita pada budaya peniggalan para nenek moyang kita.