30 Apr

Cara Membuat Santan Kelapa Untuk Rambut dan Cara Penggunaannya

Cara membuat santan kelapa untuk rambut | Rambut adalah mahkota. Memiliki rambut lebat, panjang, berkilau, dan sehat tentu menjadi impian bagi setiap orang, khususnya wanita.

Tapi bagaimana pun juga perawatan rambut tidaklah mudah. Berbagai macam perawatan rambut pun banyak ditawarkan dan Anda harus jeli dalam memilih mana yang sesuai dengan tipe rambut Anda.

Selain itu, sering mencatok, menyemir, atau menggunakan hair dryer bisa membuat rambut Anda rusak. Daripada menggunakan perawatan rambut dengan bahan kimia tersebut, mengapa Anda tidak memilih cara merawat rambut secara alami saja?

Santan Kelapa

Santan yang memiliki rasa gurih tidak hanya bisa digunakan sebagai bahan memasak atau membuat makanan saja. Ternyata santan juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara alami merawat rambut kita, cara membuat santan kelapa untuk rambut juga lumayan mudah. Kandungan yang terdapat dalam santan kelapa dipercaya bisa digunakan untuk merawat keindahan rambut Anda.

Kalau Anda ingin merawat rambut sebaiknya gunakan bahan-bahan alami tradisional dari alam yang tentunya sangat familiar dalam keseharian kita, salah satunya yaitu santan kelapa. Santan kelapa ini bisa dibilang cukup efektif dalam perawatan rambut.

Santan kelapa merupakan salah satu bahan alami yang sudah dikenal luas oleh masyarakat di Indonesia maupun di dunia. Santan kelapa ini juga sudah terbukti bisa menjadi solusi alternatif untuk perawatan rambut secara alami.

Penggunaan santan ini merupakan salah satu teknik yang paling populer yang berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Dengan melakukan perawatan menggunakan metode santan, maka kondisi rambut Anda akan menjadi lebih lembut dan juga mengkilap.

Selain itu santan kelapa saat ini juga dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan es krim. Dengan bantuan mesin es krim dapat menghasilkan es krim enak rasa santan kelapa.

Manfaat Santan Kelapa untuk Rambut

Perlu Anda ketahui, santan kelapa ternyata sudah lama dipakai untuk perawatan kesehatan oleh para wanita sejak zaman dahulu. Santan kelapa digunakan untuk memelihara kesehatan kulit kepala dan rambut mereka, kandungan minyak yang ada pada santan kelapa dapat berfungsi untuk melembabkan kulit kepala dan juga meningkatkan kesehatan rambut.

Selain itu, dengan menggunakan santan kelapa, kemunculan uban bisa ditunda. Bahkan bagi Anda yang sudah beruban, santan kelapa masih bisa mengurangi jumlah uban yang mungkin bertambah. Orang pada zaman dahulu biasanya memarut kelapa yang sudah tua, dan memerasnya sampai keluar santan. Santan itu akan ditambahkan sedikit garam dan diembunkan semalaman dan esoknya tinggal di oleskan ke rambut.

Nah lalu bagi Anda, khususnya para kaum hawa yang selalu menjaga penampilan, bagaimana sih menjaga kulit kepala yang kering dan memelihara kesehatan rambut dengan menggunakan santan kelapa? Dan bagaimana cara membuat santan kelapa untuk rambut? Berikut ini ulasannya.

Cara Membuat Santan Kelapa Untuk Rambut dan Cara Penggunaannya

Cara Membuat Santan Kelapa Untuk Rambut

  1. Ambilah satu butir kelapa atau ½ butir (tergantung rambutnya panjang atau pendek) diparut, lalu diambil ampasnya. Lalu beri air sedikit saja, peras dan ambil santan kentalnya.
  2. Tempatkan santan kelapa dalam panci ukuran sedang. Hangatkan di atas api kecil selama 10 menit. Aduk sesekali. Jaga jangan sampai santan mendidih.
  3. Pindahkan santan hangat ke dalam mangkuk. Pastikan santan cukup hangat namun tidak terlalu panas. Anda tentu tidak ingin mengoleskan santan panas ke kulit kepala.
  4. Lilitkan handuk ke bahu dan leher.
  5. Sisir rambut agar tidak kusut sekaligus untuk memberi pijatan pada kulit kepala.
  6. Balurkan ke rambut hingga merata dari akar rambut (kulit kelapa) sampai ujung rambut dengan takaran 300 hingga 500 ml.
  7. Pijat kulit kepala dengan lembut menggunakan jari-jari atau sisir bergigi jarang. Lakukan pemijitan selama sekitar 15 menit.
  8. Tutup rambut dengan shower cap selama setidaknya satu jam.
  9. Cuci rambut dengan shampo untuk menghilangkan minyak, lalu bilas hingga bersih. Biarkan kering.

Dijamin rambut Anda akan bertambah lebat, lembut, halus, dan terlihat lebih mengkilau. Perawatan dengan santan kelapa ini sebaiknya digunakan 3 kali setiap keramas dalam seminggu. Hasilnya akan terlihat dalam 2 minggu atau 6 kali pemakaian.

Untuk menyempurnakan hasilnya, keringkan rambut dengan handuk dan jangan memakai pengering rambut (hairdryer). Biarkan rambut kering secara alami. Tidak disarankan untuk membungkus rambut atau memakai kerudung setelah penggunaan santan, karena dapat merusak kerudung atau pembungkus rambut lain yang berupa kain.

Cara merawat rambut secara alami hasilnya akan lebih baik dan optimal. Bahan alami dapat digunakan setiap hari tanpa efek samping yang dapat merusak rambut sebagaimana menebalkan rambut menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung bahan-bahan kimia.

Nah santan kelapa racikan ini dapat anda jadikan sebagai ide usaha. Anda tinggal mengemas dan menjualnya saja. Jika bingung bagaimana cara mengemas cairan. Anda dapat menggunakan mesin pengemas cairan.

Itulah cara membuat santan kelapa untuk rambut dan cara penggunaannya. Gunakanlah santan kelapa asli dari air perasan kelapa parut yang masih belum tercampur dengan bahan-bahan lainnya. Lakukan secara rutin dan teratur, maka rambut sehat dan indah pun bisa Anda dapatkan.