24 Mar

Tips Cara Berternak Ayam Bangkok dengan Cepat

Ayam Bangkok – Memilih ayam Bangkok dengan kualitas istimewa bukanlah perkara yang mudah,terutama bagis eorang pemula.  Karena banyak ciri ciri khusus dan ciri ciri umum yang harus dipenuhi sehingga ayam Bangkok tersebut disebut sebagai ayam istimewa. Cara memelihara ayam Bangkok sendiri sebenarnya bisa dibilang cukup mudah, yang perlu diperhatikan ketika memelihara atau berternak ayam Bangkok adalah saat memilih idnukan yang bagus, baik indukan betina ataupun indukan jantan.

Untuk bisa menghasilkan pernakan ayam Bangkok yang baik sebaiknya indukan jantan benar benar dalam keadaan yang sehat, sebab jika dalam proses perkawinan tersebut salah satunya dalam keadaan sakit maka bisa mengakibatkan peranakan bengkok kurang bagus yang akan berpengaruh pada harga jual ayam Bangkok tertsebut.

Cara berternak ayam Bangkok dengan cepat

gambar ayam bangkok

ayam bangkok

hal yang perlu anda perhatikan dalam melakukan budidaya ayam Bangkok diantaranya dalah:

  • Pilihlah pejantan yang sehat dan cara bertarungnya bagus
  • Siapkan kandang umbaran, perkawinan yang dilakukan di kandang umbaran akan menghasilkan pernakan yang bagus dan lebih alami.
  • Kandang untuk anak ayam Bangkok sebaiknya disiapkan sebelum proses perkawinan terjadi, agar pada saat penetasan terjadi anak ayam bisa langsung dipindahkan.
  • Pakan anak ayam dan indukan, jumlah dan jenis pakan ayam Bangkok sebaiknya anda mempelajari dulu pemberian pakan sebelum dipraktekan.

Perlu dipahami juga bahwa pada saat ayam Bangkok mulai untuk mengengkrami telurnya, sedikit penyiraman air kepada induknya pada saat sedang mengengkrami akan menjadikan indukan tersebut mau untuk kawin lagi. Jadi telur yang dihasilkan dalam cara berternak ayam Bangkok akan menghasilkan lebih banyak. Hal ini bisa dilakukan sampai dengan 3 kali saja, dengan catatan tidak boleh berlebihan dalam melakukanya.  Karena ditkautkan sang induk tidak mau mengengkrami telurnya tersebut.

Jika telur mulai menetas maka jangan lupa untuk segera memindahklan anak ayam tersebut agar sang induk bisa kawin lagi dan siap untuk mengengkrami telur yang baru.

Demikian tips singkat dalam berternak ayam Bangkok, smeoga bisa bermanfaat dan bisa memberikan inspirasi. Terimakasih.