21 Mar

Hal Tentang Sapi Brahman yang Harus Kamu Tahu

Jenis sapi potong yang sangat terkenal dan berasal dari Negara india adalah sapi Brahman. Menurut faktanya sapi ini merupakan keturunan dari sapi zebu (bross indiscuss). Sapi Brahman pertama kali muncul dan berkembang di wilayah amerika. Di amerika, sapi Brahman mulai ditingkatkan  dan dikembangkan untuk dimanfaatkan sebagai keperluan konsumsi masyarakat.

Setelah amerika berhasil mengembangkansapi Brahman di negaranya, kemudian mereka menyebarkan atau mengekspor sapi Brahman hingga ke seluruh penjuru dunia seperti belanda, australia, bahkan hingga ke Indonesia. Di Indonesia sapi Brahman dibawa oleh belanda ketika zaman penjajahan. Dan penyebaranya masih populer hingga saat ini. Karena sapi Brahman merupakan jenis sapi yang memiliki kualitas sangat baik dari segi dagingnya.

Bahkan sapi Brahman ini mulai diternakan sebagai sapi pedaging oleh masyarakat Indonesia. Dari beberapa jenis sapi potong yang memiliki kualitas super, saingan terberat bagi sapi Brahman adalah sapi bali dan sapi limosin.

peternakan sapi potong

Bila anda ingin mengetahui lebih detail tentang sapi brahman ini anda dapat melihat beberapa cirri-ciri yang terdapat pada sapi brahman berikut ini:

  1. Berpunuk besar, serta memiliki tanduk.
  2. Pada bagian telinga terdapat gelambir yang memanjang seperti lipatan-lipatan dari bagian kepala hingga ke bagian dadanya.
  3. Telinganya juga terlihat besar.
  4. Warna yang dimiliki setiap jenisnya bervariasi yaitu ada yang berwarna hitam, abu-abu dan merah.
  5. Warna pada sapi jantan terlihat lebih tua dibandingkan dengan warna betinanya yang cenderung lebih terang.

Selain cirri-ciri di atas, sapi Brahman juga memiliki keunggulan yaitu mampu bertahan terhadap berbagai macam serangan penyakit,  pada kondisi apapun ia juga mampu bertahan hidup, memiliki sifat yang cerdas dan pemalu, dan mudah beradaptasi dengan lingkungannya yang baru dengan cuaca yang bermacam-macam. Dan anakan sapi Brahman juga mampu mengalami pertumbuhan secara cepat dibandingkan dengan anakan sapi lainnya.

Berat atau ukuran badan sapi Brahman ini bila dibandingkan dengan jenis sapi potong lain memanglah tidak terlalu besar. Sapi Brahman cenderung memiliki tubuh yang sedang. Pada sapi jantan beratnya bisa mencapai 800 kg sampai 1100 kg. Sementara sapi betinanya bisa mencapai 500 kg sampai  700 kg. Sedangkan anak sapi Brahman antara 30 kg sampai 35 kg.